10+ Tempat Wisata di Pulau Rote, Sejuta Pesona di Ujung Selatan Nusantara

Tempat wisata di Pulau Rote

Ada banyak tempat wisata di Pulau Rote yang bisa kamu kunjungi. Baik itu wisata pantai, danau, dan lain sebagainya. Oh ya, pulau yang satu ini juga merupakan salah satu yang unik di tanah air. Mengapa? Karena lokasinya yang berada di paling ujung selatan Indonesia.

Berbicara soal geografis, Kepulauan Rote terdiri atas 96 pulau dimana 6 diantaranya berpenghuni. Wilayahnya beriklim kering dan dipengaruhi oleh angin muson dengan musim yang relatif singkat (hanya 3-4 bulan).

Bagian utara dan selatan didominasi oleh pantai dengan dataran rendah. Sementara itu, bagian tengahnya adalah perbukitan dan juga lembah. Dengan luasnya yang hanya 1200 km2 membuat pulau ini dapat dikelilingi dalam waktu yang cukup singkat.

Sejarah pulau Rote tercantum di dalam buku Land Taal & Volkenkunde Van Netherlands Indie (1854). Dalam buku tersebut dinyatakan bahwa munculnya nama "Rote" sudah ada sekitar abad 3 sesudah penduduk mendiami Pulau Rote. Ketika itu, ada pelayar Portugis yang menanyakan tentang bentuk Pulau Rote kepada para nelayan.

Namun nelayan salah paham, mengira orang-orang Portugis itu menanyakan nama pulau. Akhirnya nelayan pun menjawab nama pulau ini adalah "Rote". Nah, sejak saat itulah daerah tersebut dikenal dengan sebutan "Pulau Rote"


Daftar Tempat Wisata di Pulau Rote yang Mempesona

Tak kalah apiknya dengan Merauke, destinasi wisata di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur ini menyajikan keindahan yang begitu mempesona. Banyak sekali spot-spot keren yang sayang sekali jika tidak kamu kunjungi.

Wilayahnya pun masih begitu asri dan belum banyak terjamah oleh tangan dan kaki yang tidak bertanggung jawab. Jadi, kamu akan semakin nyaman apabila mengunjunginya. Mau tau apa saja objek wisata menarik yang ada di Pulau Rote? Yuk, simak ulasannya berikut ini :

1. Pantai Laviti

Pantai Laviti via liburku.com

Obyek wisata yang pertama adalah pantai Laviti Rote. Di Pantai menawan yang satu ini terdapat tebing-tebing karang yang runcing dan juga tajam. Tebing-tebing tersebut memberikan kesan pelindung terhadap pantai yang ada dibelakangnya dari ombak laut yang kuat.

Tak hanya itu saja, pantai Laviti juga semakin menakjubkan dengan adanya pantulan sinar matahari dari pasir putih dan permukaan laut. Untuk bisa ke pantai ini kamu bisa melewati jalur laut atau udara dengan menaiki pesawat dari Kupang menuju Pulau Rote.

2. Tangga 300

Tangga via mapio.net

Di Pulau Rote terdapat sebuah bukit yang bernama Mando'o. Dan untuk bisa ke sana, kamu harus menaiki lebih dari 300 anak tangga terlebih dahulu. Capek sih, tapi pastinya rasa lelah itu akan terbayarkan ketika kamu sudah sampai paling atas, sebab terbentang pemandangan indah yang begitu mempesona.

Tapi kamu tidak perlu memaksakan diri untuk selalu naik kok. Bila kamu lelah, di sana banyak pos-pos peristirahatan yang bisa untuk disinggahi. Indahnya Panorama indah perbukitan Lole selalu menemaninya perjalanmu hingga ke atas. Dijamin kamu bakalan benar-benar puas deh!

Baca juga : wisata kuliner lezat khas Palembang.

3. Batu Termanu

Gambar diambil dari rotendaokab.go.id

Tempat wisata di Pulau Rote selanjutnya adalah Batu Termanu. Agar bisa tiba di sana, kamu harus menempuh perjalanan terlebih dahulu menuju Kupang, Nusa Tenggara Timur. Baru setelah itu,  menuju Pelabuhan Tenahu untuk menyeberang hingga ke Pulau Rote. Memangnya, apa sih yang menarik dari batu ini?

Konon katanya nih, batu tersebut berasal dari perairan Maluku yang berpindah-pindah sampai menetap di Rote Ndao. Batu ini juga dianggap keramat karena mampu menurunkan hujan apabila dilakukan ritual-ritual khusus.

Dari puncak, kamu bisa dengan jelas melihat pemandangan yang cantik perbukitan yang didominasi oleh padang savana dan tumbuhan lontar. Bagi kamu yang gemar melakukan swafoto tempat ini juga cocok kok untuk hal tersebut, apalagi view-nya sangat mendukung.

4. Pantai Oeseli


Pantai Oeseli Rote berlokasi di desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Saat pertama kali mengunjungi pantai ini, kamu akan mendapati sebuah bongkahan batu karang raksasa yang juga terdapat lubang.

Masuk lebih dalam lagi, lautan biru yang luas, pohon bakau dan kelapa, dan juga langit biru yang indah menambah pesona keindahan surgawi pantai di ujung selatan Nusantara ini. Kondisi airnya pun juga sangat tenang, sehingga sangat pas apabila kamu ingin berenang.

Oh ya, yang lebih membuat nyaman lagi, pantai ini masih belum terjamah oleh orang banyak sehingga kondisinya masih begitu asri. Selain itu, keadaannya yang cenderung sepi membuat kamu bisa lebih menikmati suasana pantai dengan begitu rileks sembari melihat-lihat bintang laut di sana. Keren kan?

5. Pantai Mulut Seribu

Mulut Seribu, gambar via lifestyle.okezone.com

Tak tanggung-tanggung, pantai Mulut Seribu disebut-sebut sebagai replikanya Raja Ampat yang terkenal akan keindahan lautnya. Pantai ini dinamakan Mulut Seribu karena mempunyai banyak tebing dan karang di sekitarnya layaknya gua dan terlihat mempunyai banyak “mulut.”

Kamu bisa mengelilingi dan menjelajahi pantai dengan menyewa kapal seharga 500 ribu - 1 juta rupiah untuk satu kali tur memutari mulut seribu. Memang cukup mahal, tetapi dengan harga segitu bakal membuatmu puas menikmati keindahan pantai dan menghilangkan penat yang melanda.

Dan yang lebih menarik lagi, banyak yang menyebut jika rute pantai mulut seribu bak labirin alami di dunia laut. Tapi tak perlu khawatir kok, kamu tidak mungkin akan tersesat. Saat pukul 3 sore sudah tiba lagi di Pelabuhan mengingat pada saat-saat itu air sudah mulai pasang. Bagaimana, apakah kamu tertarik mengunjunginya?

Baca juga : destinasi wisata di Palangkaraya

6. Pantai Nembrala

Gambar via idntimes

Pantai eksotik yang satu ini terletak di Desa Nembrala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain terkenal akan pasirnya putihnya yang indah, pantai yang satu ini juga terkenal dengan gulungan ombaknya yang sudah mendunia.

Ketika musim ombak telah tiba, biasanya diadakan diadakan event olahraga surfing baik regional maupun tingkat internasional. Event seperti itu biasanya terjadi antara bulan Agustus hingga Oktober. Nembrala semakin ramai dan seru dengan hadirnya peselancar dari berbagai negara.

Tak hanya itu saja, pada sore hari kamu dapat melihat momen matahari tenggelam dan juga para petani yang memanen rumput laut. Sungguh hal seperti itu, bakal menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

7. Mata Air Oemau

Image credits : tengikarta.wordpress.com

Tempat wisata di Pulau Rote selanjutnya yakni Mata Air Oemau. Mata air yang satu ini disebut-sebut tidak pernah kering walaupun memasuki musim kemarau. Kondisi airnya pun juga sangat bersih dan juga segar, cocok dijadikan sebagai tempat berenang ataupun hanya mandi saja.

Tak hanya itu saja, di sekitar Oemau juga terdapat pemandangan alami sehingga menambah daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Masyarakat di sana mengenalkan lokasi wisata ini dengan sebutan "Pemau Spring".

8. Pulau Do'o

Pulau Do'o via twitter.com

Ingin merasakan serunya berselancar? Pulau Do'o adalah jawabannya. Selain itu, di pulau yang satu ini juga menjadi spot diving yang tepat dengan lokasi penyelaman antara 8 hingga 12 meter. Ada banyak macam-macam terumbu karang dan berbagai jenis ikan lainnya yang bisa kamu temui saat menyelam, semua terlihat cantik dan begitu menawan.

Pulau kecil yang satu ini berlokasi di Kecamatan Rote Barat Laut. Untuk bisa tiba ke lokasi, disarankan untuk menggunakan paket wisata pulau Rote yang sudah disediakan oleh biro jasa travel supaya lebih mudah sampai ke tujuan. Jadi, bagi kamu yang hobi menyelam dan berselancar tidak ada salahnya untuk berlibur ke Pulau Do'o.

9. Pulau Ndana

Sumber gambar : phinemo.com

Pulau Ndana atau yang juga disebut Pulau Dana adalah daerah tak berpenghuni di pucuk bawah Nusantara. Pulau ini memiliki bibir pantai yang begitu menarik serta hamparan savana yang luas menjadi daya tarik tersendiri untuk bisa kamu nikmati dan merasakan betapa indahnya pulau terluas di selatan Indonesia ini.

Tak hanya itu saja lho, di pulau yang sepi ini terkadang kamu juga bisa melihat bebek-bebek yang beterbangan di sekitar pantai. Tentu saja menambah pesona dan menjadi suatu pengalaman yang tak mudah untuk dilupakan.

Mengingat Pulau Ndana merupakan suatu daerah perbatasan, tentu saja ada tentara yang berjaga di sekitar sana. Tapi tak perlu khawatir kok, perizinannya tidak begitu sulit asal kamu menyampaikan secara jujur tujuanmu datang. Beritahukan juga data diri kita dengan cara menunjukkan kartu identitas seperti KTP.

Baca juga : wisata makanan Jember, Jawa Timur.

10. Pantai Tolanamon

Gambar diambil dari lintasntt.com

Pantai Tolanamon berlokasi di Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. Pantai yang satu ini berada di  sebuah teluk kecil, diapit tebing karang yang tinggi menjulang dan berdiri dengan begitu kokoh.

Bahkan Pantai Tolanamon langsung berhadapan dengan Samudera. Di samping itu, pasir pantainya yang putih bersih membuat kamu menjadi betah untuk berlibur di sana berlama-lama.

Tak hanya itu saja, pepohonan yang hijau nan rindang memberikan warna tersendiri yang membuat Tolanamon terlihat semakin menarik. Tolanamon juga menjadi spot yang bagus bagi para instagramable untuk berswafoto dengan background biru langit dan lautan biru yang mempesona.

11. Danau Laut Mati

Image source : beritagar.id

Tempat wisata di Pulau Rote yang kesebelas adalah Danau Laut Mati. Lho, bukannya laut mati itu adanya di Israel ya min? Memang benar, tetapi di Indonesia juga ada kok. Bahkan tak kalah indah dan mempesona.

Suasana di Laut Mati Rote begitu hening dan juga sunyi. Destinasi wisata ini memiliki keunikan tersendiri, yang salah satunya yaitu pasirnya berasal dari kulit kerang atau keong. Selain itu, air lautnya juga tidak terlalu asin seperti air laut pada umumnya.

Konon katanya, di air laut danau mati ikan-ikan hidup di sana bukanlah ikan yang biasa hidup di air asin melainkan ikan tawar. Hal ini berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh warga sekitar. Wah, menarik ya?

12. Pemandian Sulimatan

Gambar via tripzilla.id

Pemandian Sulimatan adalah pemandian air tawar yang ada di Rote, Nusa Tenggara Timur. Suasananya yang sepi membuat kamu merasa puas ketika mandi di sana, ibarat mandi di kolam pemandian milik pribadi.

Masyarakat menyebut pemandian ini dengan sebutan "mamen" yang terletak di tengah sejuknya kebun sehingga menambah kesan alamiah dari destinasi wisata ini. Kunjungan kamu bakal semakin mudah berkat kemudahan akses jalan menuju ke sana. Yuk, ke Pemandian Sulimatan.

Destinasi lainnya : indahnya objek wisata di ujung timur Nusantara.

Itulah beberapa tempat wisata di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.  Semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata terbaik dan terindah di Nusantara.

January 23, 2019 - 2 komentar

SUPPORT !!
Dukung Blog Firdaus Artikel untuk bisa selalu update menginformasikan berbagai konten yang bermanfaat kepada pembaca. Anda bisa membagikan artikel yang telah dibaca atau meninggalkan komentar yang positif, setiap share dan komentar positif dari kalian sangat berarti bagi Firdaus. Terima kasih :)

2 komentar untuk 10+ Tempat Wisata di Pulau Rote, Sejuta Pesona di Ujung Selatan Nusantara.

Berikan komentar positif dan juga relevan dengan postingan. Mohon maaf komentar yang bersifat negatif dan mengandung link aktif akan saya hapus.

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Firdaus Artikel :)

.

Diantara 10 tempat wisata diatas..mana yg sekiranya bisa mendapatkan pengalaman berlibur yg menyenangkan dengan biaya yg murah??..

Balas Hapus
.

Indah banget destinasi wisata di pulau Rote. Paling favorit yang terakhir nih pemandian sulimatan. Udah tempatnya bagus, airnya jernih, sepi lagi

Balas Hapus