7 Rekomendasi Tempat Wisata di Merauke, Surga di Timur Indonesia

Tempat wisata di Merauke yang wajib dikunjungi

Tempat wisata di Merauke, Papua tidak kalah menawan dibandingkan obyek wisata lainnya yang ada di Nusantara. Kabupaten ini merupakan daerah yang berada di ujung timur Indonesia.

Merauke, juga mengingatkan pada sebuah lagu kebangsaan yang berjudul "Dari Sabang Sampai Merauke". Lagu ini menerangkan bahwa negara kita terdiri atas banyak pula yang harus dijaga dan dilestarikan.

Berada di paling ujung, namun kabupa ini tetaplah menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Merauke merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Papua.

Secara geografis, kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Mappi Kabupaten Boven Digoel, dan Negara Papua Nugini di sebelah Utara. Sementara itu di sebelah selatan dan barat Merauke berbatasan dengan Laut Arafuru. Sedangkan di bagian timur, berbatasan juga dengan Papua Nugini.

Kearifan lokal di daerah tersebut tentunya masih terjaga dengan baik. Mereka pun bisa saling hidup damai walau berbeda suku, ras, maupun agama. Semua dapat hidup gotong royong dan berdampingan. Oh, ya ngomong-ngomong soal wisata di sana bagaimana nih?


Rekomendasi Tempat Wisata di Merauke yang Hits dan Layak untuk Kamu Kunjungi


Liburan? Jangan cuma di kota-kota besar aja dong! Jangan hanya di wilayah Indonesia bagian barat saja. Tetapi sesekali kamu juga bisa mengunjungi obyek wisata yang berlokasi di Merauke, Papua.

Wisata di sana masih benar-benar terjaga dengan baik, membuat para wisatawan benar-benar merasa nyaman apabila mengunjunginya. Mulai dari wisata darat, laut, hutan, dan lain sebagainya semuanya benar-benar bisa dinikmati dengan penuh kepuasan.

Tak perlu lama lagi, berikut Mimin sampaikan beberapa tempat wisata hits di Merauke yang wajib kamu kunjungi. Cekidot!

1. Pantai Onggaya

Onggaya, gambar dokumentasi imigrasi Merauke

Pertama, kita mulai dari pantai terlebih dahulu. Di Merauke, ada salah satu pantai yang keadaannya masih terlihat begitu asri dan bersih. Lokasinya berada Onggaya, Naukenjerai, Merauke. Pantai wisata Onggaya menyajikan keindahan laut yang begitu menakjubkan. Di tambah dengan penyu-penyu yang berkeliaran di sekitar pantai meninggalkan kesan tersendiri yang tak mudah dilupakan.

Oh ya, pantai ini pun juga masih belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Jadi, kamu bisa berswafoto sepuasnya deh, tanpa gangguan dari orang lain. Kamu pun juga bisa maksimal dalam mengabadikan gambar di pantai tersebut. Menarik bukan?

2. Markas Avengers

Monumen kapsul waktu, foto dari Tribunnews

Nah, kalau yang ini sih termasuk obyek wisata yang baru ya. Sebab baru beberapa waktu yang lalu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Markas Avengers merupakan sebuah monumen kapsul waktu yang mirip logo Avengers.

Eitss, tapi bukan berarti tempat tersebut merupakan tempat nonton bareng film Avengers atau berkumpulnya para anggota Avengers ya, melainkan sebuah lokasi yang terdapat tulisan mimpi dan harapan anak-anak Indonesia 70 tahun mendatang. Wihhh, keren bukan? Semoga cita-cita anak Indonesia bakal terwujud ya.

Baca juga : wisata kuliner paling lezat di Palembang, Sumatera Selatan.

3. Taman Nasional Wasur

Sumber gambar : Nusa Travel Guide

Bagi kamu yang kepo dan ingin melihat kawanan hewan-hewan Papua seperti Kanguru, wajib untuk mengunjungi taman nasional Wasur. Tempat wisata di Merauke yang satu ini juga terdapat beragam flora dan fauna langka lainnya yang bisa untuk kamu lihat.

Di sana juga kamu bisa menemukan tempat yang sangat unik. Apa itu? Yakni rumah rayap yang tingginya mencapai 5 meter. Pesona alamnya juga masih belum banyak terjamah oleh tangan-tangan modern. Bahkan taman nasional ini menjadi lahan basah terbesar yang ada di Indonesia dan Asia lho. Wah keren bukan?

4. Tugu 0 km Sabang Merauke

Tugu 0 km, gambar via Wikipedia

Mendengar kata Merauke, pasti tidak bisa dipisahkan dengan kota "Sabang". Lokasi kedua ini memang sangat jauh sekali. Yang satu ada di ujung barat Indonesia, yang satu lagi ada di ujung timur Indonesia.

Sama halnya seperti di Sabang yang terdapat tugu nol kilometer, di Merauke pun juga memiliki tugu yang menjadi pembatas daerah timur Indonesia. Tugu tersebut juga menjadi pembatas antara Indonesia dengan negara Papua Nugini. Bagaimana, apa kamu tertarik mengunjunginya?

5. Lotus Garden

Source image : wikimedia commons

Mencari tempat nongkrong di Merauke, cobalah untuk mengunjungi Lotus Garden yang merupakan obyek wisata buatan. Lokasinya berada di kawasan Semangga, Distrik Muramsari. Sekitar 45 menit naik mobil pribadi dari pusat Kota Merauke.

Selain cocok digunakan untuk nongkrong dan bersantai, tempat wisata seluas 10 hektar ini, kamu bisa berenang di kolam buatan dengan kondisi air yang sangat bersih. Oh ya, Lotus Garden juga dikelilingi hutan yang penuh dengan pepohonan dan semak belukar sehingga menawarkan suasana yang masih alamiah.

Wisata lainnya : makanan khas Jember, Jawa Timur yang menggugah selera.

6. Pulau Habe

Source : youtube.com

Pulau Habe merupakan sebuah pantai yang masih menawarkan pemandangan yang bersih dan belum banyak terjamah oleh orang lain. Indahnya pasir putih dan karang yang menjulang indah menjadi tempat yang begitu mempesona.

Pulau yang satu ini berlokasi di di Kampung Wambi, Distrik Okaba, Merauke dan menjadi tempat terbaik untuk rekreasi di provinsi Papua. Yuk ajak keluarga atau teman-temanmu ke pulau Habe!.

7. Pantai Payum

Pantai Payum | gambar via travel kompas

Pantai ini memiliki ciri hamparan pasirnya yang berwarna coklat menjadi pilihan tepat bagi para traveler yang sedang berlibur ke Merauke. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Merauke membuat wisatawan bisa lebih cepat sampai di pantai ini.

Selain itu, di sore hari merupakan saat yang tepat untuk mengabadikan momen sunset menakjubkan yang ada di pantai Payum. Jangan lupa siapkan kameramu ya!

Baca juga : objek wisata di Palangkaraya

Surga di timur Indonesia yang sungguh menakjubkan. Masihkah kamu ragu untuk mengunjungi 7 tempat wisata di Merauke tersebut? Klo mimin sih pengen banget..

January 20, 2019 - tanpa komentar

SUPPORT !!
Dukung Blog Firdaus Artikel untuk bisa selalu update menginformasikan berbagai konten yang bermanfaat kepada pembaca. Anda bisa membagikan artikel yang telah dibaca atau meninggalkan komentar yang positif, setiap share dan komentar positif dari kalian sangat berarti bagi Firdaus. Terima kasih :)

0 komentar untuk 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Merauke, Surga di Timur Indonesia.

Berikan komentar positif dan juga relevan dengan postingan. Mohon maaf komentar yang bersifat negatif dan mengandung link aktif akan saya hapus.

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Firdaus Artikel :)