7 Manfaat Biji Durian untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

Masih seputar durian, pada artikel ini saya akan menyampaikan informasi mengenai manfaat biji durian untuk kesehatan tubuh. Mungkin anda tidak percaya dengan hal ini, untuk apa biji durian? Lagi pula tidak dapat dimakan juga, lantas apa bagus untuk tubuh kita?

Jangan salah, pada faktanya, biji durian juga mengandung berbagai zat gizi penting yang diperlukan oleh tubuh kita. Menurut Rukmana, 1996 (Dalam Alputri, 2011) Biji durian berbentuk bulat seperti telur, berkeping dua, berwarna putih kekuning-kuningan atau coklat muda dengan kandungan pati yang cukup tinggi.

Manfaat biji durian untuk kesehatan tubuh
Gambar via Tribunnews

Sementara itu, menurut Genisa dan Rasyid (1994) dalam Hutapea (2010), sejatinya komposisi kimia pada biji durian tidak terlalu jauh berbeda dengan biji-bijian pada famili Bombacaceaea lainnya. Adapun kadar kandungan gizi yang terdapat pada biji durian yang sudah di masak yaitu air 51,1 gram,  lemak 0,2 gram, protein 1,5 gram, dan karbohidrat 46,2 gram.

Tak hanya itu saja, biji buah yang satu ini juga mengandung kalsium (17 mg), fosfor (68 mg), vitamin A (175 mg), vitamin C (53 mg), potassium (962 mg), dan masih banyak zat gizi yang lainnya. (Sumber : Direktorat gizi Departemen kesehatan RI, 2015). Dari kandungan gizinya saja, sudah dapat membuktikan bahwa biji durian memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi kesehatan.


Manfaat Biji Durian untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat dari biji durian dapat kamu rasakan dengan mengolahnya terlebih dahulu menjadi berbagai masakan yang lezat dan juga bergizi tinggi seperti keripik biji durian, kolak durian, pancake durian, ataupun lainnya. Adapun khasiat yang akan anda dapatkan jika mengkonsumsi panganan atau olahan berbahan dasar biji durian yakni sebagai berikut :

1. Baik untuk Kesehatan Tulang

Biji durian dapat menguatkan tulang manusia. Hal ini disebabkan karena tingginya kalsium mencapai 17 mg. Dengan tulang yang sehat dan kuat, membuat anda lebih nyaman untuk bergerak. Tak perlu menunggu hingga osteoporosis, penguatan tulang bisa anda lakukan sedari dini dan dengan beragam cara yang menyehatkan. Salah satunya, dengan mengkonsumsi olahan biji durian.

Baca juga : khasiat buah kiwi untuk wanita hamil

2. Gigi Menjadi Lebih Sehat

Kalsium tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan tulang saja, tetapi juga bermanfaat dalam hal penguatan gigi. Apabila anda sering mengalami sakit gigi ataupun penyakit lainnya yang erat kaitannya dengan gigi dan gusi, maka disarankan untuk mengolah biji durian menjadi makanan dan mengkonsumsinya. Tak perlu berlebihan, makan dalam porsi yang cukup plus imbangi dengan sikat gigi secara teratur.

3. Penunjang Diet

Manfaat biji durian selanjutnya dapat menunjang diet yang anda lakukan. Biji buah satu ini mengandung diet kompleks yang berkhasiat meningkatkan energi di dalam tubuh. Para peneliti mempercayak bahwa biji durian mengandung lemak yang dapat menggantikan peran nasi namun masih dalam takaran wajar.

Baca : diet sehat dengan mengkonsumsi buah kiwi

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa biji durian mengandung potasium yang sangat tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung kita. Selain itu dengan potasium dapat mengurangi resiko terkena stroke dan tekanan darah tinggi. Badan Kesehatan Dunia atau WHO merekomendasikan asupan kalium setidaknya 3.500 hingga 4.500 mg setiap harinya (sumber : alodokter).

5. Menambah Stamina

Di dalam biji durian yang sudah dimasak  terkandung sekitar 46,2 gram karbohidrat yang berguna sebagai sumber tenaga. Jika kebutuhan karbohidrat sudah terpenuhi maka secara otomatis stamina akan semakin meningkat sehingga bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan sehat dan bugar. Anda bisa menikmatinya dengan cara direbus ataupun diolah menjadi panganan lainnya.

Baca juga : manfaat luar biasa dari buah nanas

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C pada durian juga cukup tinggi, walaupun tak sebanyak jambu biji ataupun jeruk. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C maka dapat meningkatkan sistem imunitas yang ada di dalam tubuh kita. Dengan begitu, seseorang tidak akan mudah untuk terserang penyakit berbahaya.

7. Menguatkan Otot

Bagi anda yang ingin memperkuat otot tubuh, sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi olahan biji durian. Dengan adanya kandungan protein pada biji buah yang satu ini, membuat proses pembentukan otot baik itu tangan maupun kaki menjadi jauh lebih cepat. Asalkan diimbangi dengan olahraga yang teratur.

Apa anda sudah membaca ini? Manfaat daging buah durian untuk kesehatan 

Bolehkah Memakan Biji Durian Mentah?

Setelah mengkonsumsi daging buahnya dan tersisa hanya bijinya saja, bolehkah kita langsung memakannya tanpa diolah terlebih dahulu? Perlu anda ketahui, memakan biji durian secara langsung dan sama sekali di masak adalah sesuatu tidak boleh dilakukan.

Pasalnya pada biji durian mentah tanpa dimasak mengandung asam lemak siklopropena. Asam lemak tersebut mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh kita sendiri. Jadi, jika kamu ingin merasakan manfaat biji durian untuk kesehatan tubuh secara maksimal maka jangan lupa dimasak terlebih dahulu walaupun hanya sekedar di rebus saja.

Selanjutnya >>> bahaya makan durian bagi kesehatan.

December 24, 2018 - 4 komentar

SUPPORT !!
Dukung Blog Firdaus Artikel untuk bisa selalu update menginformasikan berbagai konten yang bermanfaat kepada pembaca. Anda bisa membagikan artikel yang telah dibaca atau meninggalkan komentar yang positif, setiap share dan komentar positif dari kalian sangat berarti bagi Firdaus. Terima kasih :)

4 komentar untuk 7 Manfaat Biji Durian untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan.

Berikan komentar positif dan juga relevan dengan postingan. Mohon maaf komentar yang bersifat negatif dan mengandung link aktif akan saya hapus.

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Firdaus Artikel :)

.

terimakasih info, nya dulu setiap beli durian pasti Biji Durian nya langsung di buang,,saya simpan baut di olah kembali.ternyata banyak manfaat nya.

Balas Hapus
.

Kalo diolah hanya dengan merebus enak gak yah. perlu dicoba nih

Balas Hapus
.

Wah, saya baru tahu biji durian bisa dimakan juga.

Balas Hapus