Jenis - Jenis dan Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

Jenis-jenis dan manfaat buah durian

Berhubung di tempat mimin sedang musim durian (dan mungkin juga di tempat pembaca sekalian), maka hari ini akan di bahas mengenai jenis-jenis dan manfaat buah durian untuk kesehatan. Saya yakin, pasti anda sudah sangat familiar dan mengenali buah yang satu ini bukan?

Durian merupakan tanaman tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara dan daging buahnya kuah memiliki nama yang sama dan bisa dimakan. Buah satu ini mempunyai nama latin Durio zibethinus dan berordo Malvaves.

Dijuluki sebagai King of Fruit (raja dari segala buah), rasa durian cukup kontroversial. Ada yang sangat menyukainya, tetapi tidak sedikit juga yang justru muak dan ingin muntah ketika memakannya.

Secara umum memang nama buah yang satu ini adalah durian, tetapi di berbagai daerah buah berduri tajam ini mempunyai nama yang tidak sama. Contohnya saja di Jawa dikenal dengan sebutan "duren", sementara itu orang Sunda menyebutnya "jadi", di Ambon disebut "diruang", dan di Pulau Seram dikenal dengan sebutan "tulen". Namun meskipun berbeda, soal rasa tidak terlalu berbeda.


Jenis-jenis dan Manfaat Buah Durian

Di Indonesia, ada banyak sekali varian durian yang bisa anda cicipi baik secara langsung maupun dibuat jus yang menyegarkan. Bahkan jumlah durian di Indonesia adalah yang paling banyak di dunia. Berikut beberapa jenis dan varian durian yang ada di Indonesia :

  • Durian Montong

Durian Montong
Gambar diambil dari : inilah.com

Mendengar nama durian Montong tentu sudah tidak asing di telinga kita. Jenis durian yang satu ini memang sudah sangat populer dan familiar di mata orang-orang Indonesia.

Harganya pun cukup mahal, akan tetapi sudah sebanding dengan kelezatan rasa manis dan juga harumnya buah durian Montong dengan daging yang cukup besar.

  • Durian Mimang

Durian mimang
Gambar via : boombastis.com

Durian yang satu ini be asal dari daerah Banjarnegara, Jawa Tengah. Salah satu ciri khas dari buah ini yaitu kulitnya yang cenderung lebih kempes. Bentuk durian ini lonjong dan kecil dengan diameter sekitar 15 cm.

Soal rasa tentunya manis pulen dan juga mengandung kadar air dan alkohol yang sedikit. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, membuat anda bisa menikmati sendiri kelezatan dari buah berduri tersebut.

  • Durian Candimulyo

Sumber foto : Kompasiana.com

Durian Candimulyo banyak tumbuh di daerah Magelang, Jawa Tengah. Ciri dari buah yang satu ini adalah ukurannya yang cukup besar, namun biji yang ada di dalamnya jauh lebih kecil. Saat mengkonsumsinya, kamu akan merasakan perpaduan antara rasa manis dan juga pahit serta getir.

Daging buahnya berwarna putih kekuningan dan menjadi durian favorit bagi masyarakat Jawa Tengah, khususnya Magelang. Jika anda ingin mencicipi legitnya buah durian ini, langsung saja datang ke Kampung Durian di Dusun Mantenan, Kelurahan Giyanti, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang.

  • Durian Matahari

Durian matahari
Image source : infobuah.com

Durian Matahari berasal dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat yang memiliki bentuk yang bulat, panjang, dan berwarna hijau kecoklatan. Durinya juga sangat runcing tetapi jarang dan sedikit bengkok. Sementara itu daging buahnya tebal, kering, berlemak, manis dengan teksturnya yang halus dan aromanya cukup tajam.

Untuk 1 buah durian matahari biasanya memiliki bobot atau berat sekitar 2-3,5 kg. Selain itu buah yang memiliki duri di kulit juga disebut sebagai durian yang produktif karena dapat menghasilkan buah durian dalam jumlah yang banyak. Bahkan ketika pohon sudah berusia 20 tahun. Bagaimana, luar biasa bukan buah yang satu ini?

  • Durian Petruk

Sumber : inkuiri.com

Salah satu durian lokal yang juga patut anda coba adalah durian petruk. Durian ini merupakan durian asli Jepara, Jawa Tengah. Ciri khas dari jenis buah durian yang satu ini adalah teksturnya yang tebal dan juga tidak lembek.

Sementara itu, aroma dari buah Durian Petruk juga sangat harum dan menyengat seperti Durian Montong. Hal tersebut tentunya bakal membuat orang menjadi tertarik dengan daging buahnya yang manis dan ditambah dengan sedikit rasa pahit. Dua perpaduan rasa tersebut menambah cita rasa kelezatan buah durian tersebut

  • Durian Bawor

Buah Durian Bawor
Sumber : pasberita.com

Berasal dari Banyumas, Jawa Tengah, salan satu jenis durian yang satu ini (durian bawor) mempunyai kemiripan dengan durian montong khas Kalimantan. Untuk pohonnya sendiri, mampu untuk berbuah pada usia tiga sampai dengan empat tahun. Bahkan, dalam waktu 3 tahun sudah dapat memproduksi hingga 30 Durian sawor.

Karena mirip seperti durian Montong, tidak sedikit juga yang menamai buah ini dengan sebutan "Durian Montong Bawor". Sementara itu, dari sisi harga durian yang satu ini dibanderol seharga 50 ribu per kilogramnya dengan kulit yang tipis dan berbiji kecil.

  • Durian Ajimah

Sumber gambar : peluangusaha.com

Durian ini sangat disukai oleh Presiden pertama kita, Ir. Soekarno. Karena itu, durian ini juga dikenal dengan sebutan "Durian Bung Karno". Durian Ajimah berasal dari Ciomas, Bogor dan memilki ciri khas durinya yang besar dan barang serta kulit tipis, berwarna hijau keabu-abuan.

Sementara jika kita membuka buah tersebut, maka akan nampak dagingnya yang berwarna kuning muda dan agak kering. Rasa dari buah ini tidak sepenuhnya manis, melainkan rasa pahit juga akan anda rasakan ketika mengkonsumsinya. Durian Ajimah memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, beratnya hanya sekitar 1,5-3 kg saja.

  • Durian Bokor

Gambar via : bibitdurian.biz

Durian ini dapat kita temukan di daerah Sukahaji, Majalengka, Jawa Barat dan bercirikan bentuk yang bulat dan panjang serta berwarna hijau kekuningan. Untuk durinya berbentuk seperti kerucut dan berukuran besar serta tidak terlalu rapat. Tanaman durian nomor juga dikenal tahan terhadap serangan hama yang menyerang akar tanaman, akan tetapi belum bisa menahan serangan hama pengerek.

Apabila anda membuka buahnya, akan didapatkan daging buah dengan ketebalan sedang dan berwarna kuning serta teksturnya yang tidak berserat. Sementara itu, berbicara soal rasa tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Dengan aromanya yang harum dan menyengat, anda bisa mencicipi sendiri rasa manis dari buah yang satu ini.

  • Durian Bubur

Gambar diambil dari : makanlagilagimakan.wordpress.com

Durian bubur dapat anda temukan di Brongkol, Semarang, Jawa Tengah. Buah durian yang satu ini memiliki bentuk yang bulat dan memanjang, ditambah dengan duri runcing yang rapat serta  berwarna kuning kehijauan.

Buahnya memiliki cita rasa yang manis dan beraroma harum dengan dagingnya yang besar, tebal, padat, dan juga kesat. Apabila sudah panen, bobot buah ini sekitar 4-5 kilogram.

  • Durian Lay

Sumber : bobo.grid.id

Durian Lay banyak ditemukan di lereng perbukitan di pedalaman Kalimantan Tengah. Warna daging buah ini yaitu orange pucat dengan rasa manis layaknya ubi.

Selain itu durian lay juga memiliki sedikit kandungan alkohol serta baunya yang tidak terlalu menyengat. Dijamin, tidak akan membuat anda muntah.


Khasiat Buah Durian untuk Kesehatan Tubuh

Setelah anda mengetahui berbagai jenis buah durian yang ada di tanah air, selanjutnya admin akan menyampaikan beberapa khasiat dari buah yang berduri tajam dan berkulit tebal ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat yang bisa anda rasakan apabila mengkonsumsi buah yang satu ini :

1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Bukankah durian itu sangat berbahaya bagi kesehatan jantung kita? Hal tersebut benar apabila kita berlebihan mengkonsumsinya. Adanya manfaat durian bagi jantung disebabkan karena adanya kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang dapat melindungi tubuh Ndari bahaya radikal bebas penyebab penyakit jantung dan juga kanker.



2. Membantu Melancarkan Pencernaan

Apabila anda memiliki masalah pada pencernaan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba memakan buah durian. Dalam 100 gram durian, terkandung sekitar 4 gram serat yang berkhasiat membantu memperlancar pergerak usus sehingga makanan lebih mudah bergerak melalui saluran usus.

Baca juga : kiwi untuk diet yang sehat

3. Menurunkan Resiko Depresi

Menurut para ahli, salah satu penyebab seseorang mudah mengalami depresi yaitu kurangnya vitamin B6 dalam tubuh mereka. Dan didalam durian, terkandung zat gizi tersebut sehingga membuat siapapun yang memakannya merasa lebih tenang dan bahagia.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang merupakan salah satu organ terpenting yang dimiliki oleh manusia. Tanpa tulang, tidak mungkin kita bisa bergerak dan berjalan seperti saat ini. Durian banyak mengandung potasium yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menguatkan tulang dan juga gigi.

Info penting : buah yang disarankan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan, durian berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan kalium pada buah tersebut. Dalam 1 buah durian, terkandung sekitar 436 mg kalium. Jadi bagi anda yang tekanan darahnya sedang meningkat, disarankan untuk memakan buah yang satu ini.

6. Menambah Tenaga

Manfaat buah durian selanjutnya yaitu dapat menambah tenaga bagi yang memakannya. Seperti yang diketahui, bahwa dalam buah ini terkandung cukup banyak karbohidrat dan kalori sehingga membuat perut menjadi lebih kenyang. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku bagi seseorang yang mengalami masalah pada gula darah.

Ingin tampil lebih cantik? Coba konsumsi buah berikut ini.

7. Membuat Tidur Lebih Cepat

Di dalam buah durian, terkandung zat bernama "trytophan" yang sangat erat kaitannya dengan rasa kantuk yang selama ini sering kita rasakan. Trytophan akan masuk ke dalam otak dan diubah menjadi serotonin. Berawal dari serotonin dalam jumlah yang banyak sehingga bisa mendorong peningkatan produksi melantonin. Hormon melatoninlah yang menimbulkan perasaan kantuk sehingga kita pun lebih rileks dan mudah tertidur.

Manfaat buah lainnya :


Penutup

Sesuka apapun anda terhadap buah yang satu ini, saya sarankan untuk tidak memakannya dalam jumlah yang berlebihan dan juga jangan terlalu keseringan. Justru hal tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Demikian informasi mengenai jenis-jenis dan manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Selanjutnya >>> Manfaat Biji Durian

December 22, 2018 - 3 komentar

SUPPORT !!
Dukung Blog Firdaus Artikel untuk bisa selalu update menginformasikan berbagai konten yang bermanfaat kepada pembaca. Anda bisa membagikan artikel yang telah dibaca atau meninggalkan komentar yang positif, setiap share dan komentar positif dari kalian sangat berarti bagi Firdaus. Terima kasih :)

3 komentar untuk Jenis - Jenis dan Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan.

Berikan komentar positif dan juga relevan dengan postingan. Mohon maaf komentar yang bersifat negatif dan mengandung link aktif akan saya hapus.

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Firdaus Artikel :)

.

Min kirim bagi bagi duriannya lah, bisa kirim ke rumah heheheh

Balas Hapus
.

kalau aku tertarik ke durian merah malah, pengin nyoba gitu hehehehe #jejakbiru

Balas Hapus