2 Cara Mengubah File PDF ke Excel Secara Online

Cara mengubah file pdf ke excel secara online

Jika pada postingan sebelumnya, saya sudah menyampaikan tutorial tentang mengubah file pdf ke doc, untuk kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit panduan bagaimana cara mengubah file pdf ke excel.

Microsoft Excel merupakan suatu program aplikasi lembar kerja spreadsheet  yang dibuat oleh Microsoft Corporation dan bisa kamu gunakan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Program ini sangat populer dan memiliki fitur penghitungan rumus dan pembuatan grafik yang baik.

Sejatinya convert atau mengubah pdf ke Excel merupakan sesuatu hal yang biasa terjadi, hampir sebagian orang dapat melakukannya Biasanya, hal ini dilakukan apabila dokumen Portable Document Format yang dimiliki berupa data-data tabel dan juga rumus sehingga perlu diubah ke microsoft excel.

Namun, tetap saja masih ada sebagian orang yang belum begitu mengetahui dan  memahami bagaimana melakukan convert pdf ke excel dengan benar sehingga saya perlu menyampaikan tutorialnya pada artikel ini.

Cara Merubah PDF ke Excel Online

Kamu bisa menggunakan dua situs smallpdf.com atau pdftoexcel.com untuk melakukan konversi pdf to excel gratis dan mudah, bahkan bisa dilakukan hanya melalui ponsel pintar saja. Adapun cara yang menggunakan kedua web tersebut yaitu :

A. Dengan Smallpdf.com

  • Pertama, silakan buka terlebih dahulu situs smallpdf.com. Maka kamu akan mendapatkan tampilan seperti gambar di bawah ini :
Tampilan convert pdf situs smallpdf.com
  • Langkah kedua, silakan ambil file/dokumen PDF tersebut dengan cara mengklik salah satu dari 3 ikon pada gambar. (Jika file tersebut ada di media penyimpanan pada perangkat maka klik di bagian paling kiri, jika tersimpan di Google Drive pilihlah yang tengah dan jika berlokasi di Dropbox maka pilihlah yang paling kanan. (Lihat gambar di bawah)
Upload file di smallpdf
  • Setelah itu proses konversi pdf ke excel akan berlangsung selama beberapa saat. Tunggu saja hingga prosesnya selesai.
Mengkonversi file pdf
  • Saat semua sudah siap, kamu tinggal menyimpannya kembali dengan cara mengklik tombol "unduh file" (lihat gambar di bawah).
Penyimpanan file konversi pdf
  • Selamat, kini file yang awalnya berformat PDF kini sudah berubah menjadi Excel.

B. Dengan Pdftoexcel.com

  • Sebagai langkah awal, kamu bisa membuka terlebih dahulu situs pdf to excel. Tampilannya kurang lebih seperti ini :
Tampilan awal pdf ke Excel
  • Selanjutnya ambil file tersebut dengan mengklik tombol upload atau dropbox/google drive/one drive apabila tersimpan pada layanan penyimpanan online.
  • Dalam waktu beberapa saat terjadi proses pengubahan tersebut. Tunggu saja hingga semuanya selesai.

  • Bila sudah selesai, kamu tinggal mengunduhnya kembali untuk disimpan di perangkat smartphone/laptop/komputer. Caranya dengan mengklik tombol "download gratis."

Download file Excel di pdf to excel
Selesai, sekarang file tersebut sudah berubah format menjadi excel.

Tutorial lainnya : cara melaporkan konten negatif ke Kominfo.

Penutup

Selain kedua situs tersebut, masih banyak situs converter pdf lainnya yang bisa kamu manfaatkan. Langkah-langkahnya pun tak jauh berbeda dengan yang di atas. Apabila kamu masih belum bisa atau masih bingung bagaimana cara mengubah file pdf ke excel sesuai panduan di atas, monggo untuk bertanya di kolom komentar.

December 20, 2018 - 2 komentar

SUPPORT !!
Dukung Blog Firdaus Artikel untuk bisa selalu update menginformasikan berbagai konten yang bermanfaat kepada pembaca. Anda bisa membagikan artikel yang telah dibaca atau meninggalkan komentar yang positif, setiap share dan komentar positif dari kalian sangat berarti bagi Firdaus. Terima kasih :)

2 komentar untuk 2 Cara Mengubah File PDF ke Excel Secara Online.

Berikan komentar positif dan juga relevan dengan postingan. Mohon maaf komentar yang bersifat negatif dan mengandung link aktif akan saya hapus.

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Firdaus Artikel :)

.

Ini didunia Administrasi sangat dibutuhkan....
Contoh saya sendiri, ketika ada data sudah berbentuk pdf, akan sangat membantu jika diconvert ke excel untuk kebutuhan tertentu....

Thanks Min....

Balas Hapus