6 Aplikasi Belajar Online Gratis untuk Siswa

Aplikasi Belajar Online Untuk Siswa

Sebagai seorang siswa, belajar menjadi suatu kewajiban sekaligus kebutuhan. Dengan belajar banyak ilmu bisa kita dapatkan. Tetapi setiap orang tentu saja memiliki cara belajarnya masing-masing, setiap orang belum tentu sama.

Ada yang belajar secara kinestetik dimana seseorang lebih mudah memahami apa yang ia pelajari dengan gerakan atau sentuhan. Selain itu juga, ada yang belajar secara audiotori lebih memahami sesuatu melalui apa yang mereka dengar. Dan yang terakhir adalah visualisasi, dimana seseorang lebih mudah memahami suatu hal dengan cara melihat.

Salah satu contoh cara belajar visual adalah membaca buku. Tetapi kondisi negara kita dimana mayoritas siswanya malas membaca buku, tentunya hal ini sulit dilakukan oleh sebagian orang.

Alasannya bermacam-macam, selain karena harga buku yang relatif mahal di Indonesia, rasa mudah bosan selalu ada bila kita terlalu lama membaca buku. Hal tersebut tentu sudah bukan menjadi rahasia lagi.


Aplikasi Belajar Online Untuk Siswa

Karena itulah diciptakan aplikasi Smartphone yang dapat diakses oleh siswa untuk bisa belajar secara online. Tujuannya tentu saja untuk membuat siswa semakin tertarik dan tidak malas dalam belajar. Hal ini didukung banyak dari siswa yang telah memiliki smartphone

Berikut ini beberapa aplikasi belajar daring yang dapat diunduh di google play store oleh siswa secara gratis :

1. Ruang Guru

Ruang Guru merupakan aplikasi yang berguna untuk mengikuti bimbingan belajar secara online yang dapat dilakukan dengan begitu mudah. Dari siswa SD hingga SMA semua bisa mengikutinya.

Dengan aplikasi tersebut, kamu dapat menonton video belajar, latihan soal, tryout, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu saja, bila kamu diberi tugas atau PR oleh guru dan bingung bagaimana penyelesaiannya, bisa memanfaatkan fitur livechat untuk bertanya. Menarik bukan?

2. Brainly

Mendengar kata brainly, mungkin aplikasi yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga para pelajar Indonesia. Brainly merupakan aplikasi tanpa bayar yang bisa kamu gunakan untuk bertanya apapun termasuk PR.

Untuk menggunakannya, kamu harus mendaftar terlebih dahulu baru bisa tergabung bersama 120 juta siswa pengguna brainly lainnya. Namun disisi lainnya, terkadang brainly dimanfaatkan untuk hal-hal kecurangan seperti menanyakan jawaban soal saat ujian. Sungguh sangat disayangkan.

Kesulitan belajar bahasa Jawa? Coba deh gunakan aplikasi berikut ini!

3. KelasKita

Dengan aplikasi KelasKita, kamu dapat belajar secara daring kapan dan dimana saja. Pada aplikasi tersebut, kamu dapat memilih tema pembelajaran sesuai dengan minat seperti Agama, Komputer, Sains, Desain Grafis, Bahasa, Otomotif, dan lain sebagainya.

Tak hanya sekedar belajar, kamu pun bisa mendapatkan penghasilan dari aplikasi ini lo. Wah, bagaimana caranya? Kamu bisa membuat kelas belajar online berbayar yang tarifnya disesuaikan dengan kemampuan dan konten materi yang diberikan. Jadi, 2 keuntungan langsung didapatkan. Bagaimana, apa kamu tertarik?

4. Quipper

Aplikasi yang dikembangkan oleh Quipper Ltd ini menawarkan kamu untuk bisa menonton video pembelajaran, menjawab soal latihan, dan juga mengerjakan tugas rumah. Quipper juga merupakan salah satu aplikasi belajar offline terbaik karena bisa dijalankan meskipun tanpa koneksi internet.

Adapun untuk materi SMA terdiri atas 10 mata pelajaran, 3.576 topik, 17.800 soal-soal latihan, dan juga try out dan kumpulan soal UN dan SBMPTN tahun 2009 hingga 2016 serta prediksi di tahun berikutnya. Sementara itu, untuk SMP diberikan 5 materi pelajaran, 240 topik, 1200 soal-soal latihan, try out dan soal UN beberapa tahun ke belakang serta prediksinya untuk tahun berikutnya.

Baca juga : aplikasi kompres PDF gratis

5. Snapask

Aplikasi yang satu ini dapat membimbing kamu untuk bisa menyelesaikan tugas sekolah yang dirasa sulit untuk dipecahkan. Caranya cukup dengan memfoto soal tersebut dan upload pada aplikasi tersebut.

Kamu tak sekedar mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut, tetapi juga pembahasannya secara lengkap. Pelajaran matematika, fisika, dan kimia menjadi ketiga materi yang sering ditanyakan melalui aplikasi snapsask. Tak hanya itu, beragam informasi akademis juga bisa kamu dapatkan.

6. Quizlet

Quizlet merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk belajar sekaligus latihan soal-soal. Sudah lebih dari 30 juta murid menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Quizlet Inc ini.

Di sini kamu dapat belajar dengan metode yang sangat menarik. Salah satunya adalah mengenai hafalan yang bisa kamu uji dengan menuliskan apa yang sudah dipelajari pada aplikasi tersebut, khususnya pada mode tulis.

Tak cukup sampai di situ, selain secara visualisasi kamu juga dapat belajar secara audiotori dengan mendengarkan suara audio yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Jika kamu mengupgradenya ke fitur premium, maka aplikasi yang satu ini terbebas dari iklan yang mengganggu.

Aplikasi lainnya : prakiraan cuaca terbaik

Penutup

Kini belajar tak hanya dilakukan dengan membaca buku saja, tetapi bisa dilakukan melalui gawai yang kamu gunakan sehari-hari. Sudah saatnya kita bisa memanfaatkan ponsel untuk hal-hal yang positif, termasuk diantaranya untuk urusan menuntut ilmu.

Download aplikasi belajar online tersebut melalui smartphone kamu dan manfaatkan dengan sebaik mungkin ya, terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

November 08, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 6 Aplikasi Belajar Online Gratis untuk Siswa.