7 Aplikasi Belajar Kimia Terbaik dan Gratis untuk Siswa

Aplikasi belajar kimia gratis

Aplikasi Belajar Kimia Terbaik - Bagi kamu siswa SMA yang menempuh jurusan IPA, tentu sudah tak asing lagi dengan mata pelajaran kimia. 11 12 dengan pelajaran matematika, kimia dianggap sebagai salah satu pelajaran sulit dipelajari menurut sebagian siswa.

Terutama dalam hal menyelesaikan persoalan rumus senyawa kimia. Baik dari yang sederhana (tabel periodik unsur) hingga yang jauh lebih rumit. Di tambah lagi kimia juga harus berurusan dengan yang namanya hitung-hitungan.

Padahal jika mau dipelajari dengan baik dan kamu bisa memahaminya, sebenarnya ilmu yang satu ini mempunyai manfaat besar di dalam kehidupan sehari-hari.

Bukan sekedar mendapatkan pengetahuan baru saja bagi yang mempelajarinya, ilmu yang satu ini juga memberikan sumbangsih besar dalam berbagai bidang seperti kedokteran, pertanian, geologi, biologi, teknik sipil, dan masih banyak lagi.

Mungkin kamu benci dengan kimia, tetapi pada kenyataannya dalam kehidupan sehari-hari kita selalu bersentuhan dengan hal-hal yang berbau kimiawi. Contoh sederhana saja udara yang kita hirup mengandung 78,09% nitrogen, 20,95% oksigen, 0,93% argon, 0,04% karbon dioksida. Semua unsur tersebut pasti dijelaskan melalui ilmu kimia.


Aplikasi Belajar Kimia Terbaik dan Gratis

Mungkin kamu merasa pusing dan tak kunjung paham jika mempelajari kimia pada buku yang super tebal. Kali ini, admin menawarkan kepada kamu untuk mencoba menggunakan beberapa aplikasi berikut ini guna meningkatkan kemampuan dalam bidang kimia. Apa saja aplikasi tersebut? Simak ulasannya berikut ini :

Sudah tau belum? 5 Aplikasi Belajar Matematika

1. Kimia SMA : Reaksi Kimia

Pada aplikasi ini, kamu bakal mengenal lebih jauh tentang termokimia dan kesetimbangan kimia. Aplikasi yang dikembangkan oleh Simply-Interactive ini memang ditujukan kepada siswa SMA agar bisa mempelajari kimia dengan lebih mudah.

Tidak hanya materi saja, pada aplikasi yang satu ini juga dibekali dengan soal latihan dan juga evaluasi. Penyajian materi atau konten disampaikan secara interaktif dan dibekali dengan video 3D. Dijamin deh, kamu gak akan bosan!

2. Rumus Kimia Lengkap

Aplikasi rumus kimia yang satu ini menyajikan berbagai rangkuman materi dan rumus kimia untuk SMA bahkan perguruan tinggi pun juga ada. Tak perlu koneksi internet untuk mengaksesnya, dalam keadaan offline pun kamu tetap bisa menggunakannya.

Total ada sekitar 230++ materi kimia yang jelas dan mudah untuk dipahami. Beberapa contoh materi yang ada diantaranya hasil kali kelarutan, hidrolisis garam, rumus molekul, hukum Faraday, elektrolit, dan masih banyak lagi. Wah, sangat lengkap ya ternyata.

3. Bank Soal Kimia SMA

Bank soal kimia SMA merupakan aplikasi penyelesaian soal kimia yang dikembangkan oleh Farrel Studio. Kumpulan soal-soal pada aplikasi yang satu ini juga dilengkapi dengan pembahasan yang sederhana namun tetap mudah untuk dipahami.

Larutan kimia, struktur atom, sistem koloid, stokiometri, asam basa konjugasi hanyalah sebagian kecil materi kimia yang dibahas pada contoh soal. Tak hanya itu saja, pada aplikasi ini juga dilengkapi dengan tabel periodik unsur yang dapat kamu jadikan acuan untuk belajar kimia.

4. Tabel Periodik Unsur Kimia V3

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam tersedia dalam bentuk tabel. Jika pada buku kimia, kamu bisa menemukannya di halaman akhir buku tersebut. Dalam belajar kimia, tentu tabel ini sangat dibutuhkan.

Pada smartphone, kini telah tersedia aplikasi yang berguna untuk menyampaikan informasi mengenai suatu unsur, mulai dari nomor atom, nomor massa, periode, konfigurasi elektron, letak golongan sifat unsur, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak hanya itu, didalamnya juga terdapat informasi sejarah mengenai perkembangan tabel periodik unsur mulai dari Triade Dobereiner hingga Henry Moesly

Rekomendasi : aplikasi belajar akuntansi terbaik 

5. Ilmu Kimia Dasar

Bagi kamu yang benar-benar sangat sulit memahami ilmu kimia, mungkin saja kamu masih belum menguasai dasar materinya. Dengan aplikasi ilmu kimia dasar, materi awal dan yang mendasar dari pelajaran kimia akan kamu dapatkan.

Beberapa materi bahasan pada aplikasi ini yaitu pengertian kimia, hukum kekekalan masa, teori atom dalton, hukum perbandingan tetap, hukum perbandingan berganda, stokiometri, ion, anion, kation, dan masih banyak lagi. Materi dijelaskan secara lengkap dalam satu aplikasi.

6. Unsur dan Percobaan Kimia

Aplikasi kimia yang satu ini dikembangkan oleh Universitas Bina Sarana Informatika yang berbentuk animasi interaktif guna membantu pelajar khususnya dalam menghafal nama-nama unsur kimia pada tabel periodik unsur. Dalam aplikasi ini juga menyediakan beberapa animasi percobaan kimia yang salah satunya adalah mengenai PH larutan.

Tak sekedar itu saja, dalam aplikasi tersebut juga tertanam permainan kuis dan juga tebak gambar. Sudah barang tentu, konsep permainan yang dibuat sangat berkaitan dengan unsur kimia. Seru dan menyenangkan bukan?

7. Chemistry Pro

Chemistry Pro merupakan aplikasi pembelajaran kimia yang membahas lebih dari 20 konsep kimia paling penting dan mendasar. Selain itu juga terdapat fitur kamus kimia yang menampilkan lebih dari 500 definisi.

Tak cukup sampai disitu, bagi kamu yang kesulitan menyelesaikan tugas kimia bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mendapatkan jawabannya. Pada aplikasi ini juga kamu bisa mengetahui tentang kimiawan hebat yang berperan besar dalam membuat kimia. Jadi selain dapat pengetahuan, kamu pun juga dapat sisi inspirasi dari para kimiawan tersebut.

Baca juga : aplikasi bahasa Jawa gratis


Penutup

Aplikasi-aplikasi tersebut bisa kamu unduh dan install secara gratis langsung melalui google play store. Dengan adanya aplikasi belajar kimia terbaik yang bisa digunakan, semoga bisa meningkatkan sedikit kemampuanmu dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal kimia. Sekian dan semoga bermanfaat.

November 12, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 7 Aplikasi Belajar Kimia Terbaik dan Gratis untuk Siswa.