Inilah 5 Makanan Khas Jember yang Wajib Kamu Cicipi

Selayaknya kota lainnya, Jember juga memiliki makanan khas tersendiri yang belum tentu ditemukan di daerah lain. Jember merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur. Terletak di ujung timur sebelum Banyuwangi,  Jember juga menjadi Kabupaten yang terkenal dengan pagelaran JFC yang sudah mendunia.

Tak cukup sampai disitu, Kabupaten yang dipimpin oleh Ibu Faida ini juga dikenal memiliki berbagai obyek wisata yang tentunya sangat menarik untuk dikunjungi. Sebut saja pantai papuma, pantai pancer, teluk love, pantai bande alit, dan masih banyak lagi.

Soal kuliner pun juga tak mau kalah, di Jember kamu bakal menemukan makanan khas dengan rasanya yang lezat menggugah selera. Makanan-makanan tersebut bisa kamu dapatkan di toko oleh-oleh terdekat yang ada di daerah ini. Apa saja makanan khas Kabupaten Jember itu?


5 Makanan Khas Jember

1. Suwar Suwir

Suwar suwir makanan khas Jember
Sumber gambar : primadonajember.com

Suwar suwir merupakan makanan ringan yang diolah menggunakan bahan dasar tape. Bentuk makanan ini adalah persegi panjang dan terlihat seperti dodol. Hanya saja teksturnya yang sedikit berbeda.

Dibuat dengan cara difermentasi, makanan khas Jember yang satu ini memiliki rasa yang manis, legit, dan sedikit asam. Varian rasa suwar-suwir mulai dari pandan, sirsak, strawberry,  coklat, dan sebagainya bisa kamu coba bilang berkunjung ke daerah ini.

2. Prol Tape

Gambar diambil dari instagram @purnamajatijember

Prol tape juga merupakan makanan yang berbahan dasar tape singkong. Rasanya yang manis, kecut, dan bercampur gurih menjadi keunggulan tersendiri yang membuat tape ini semakin nikmat saat nikmati.

Kini, prol tape tersedia dalam beberapa varian rasa diantaranya kismis, keju, coklat, dan juga original. Sangat cocok dikonsumsi bersama keluarga di rumah ataupun di bawa saat berekreasi ke tempat wisata.

Baca juga : manfaat buah nanas bagi kesehatan

3. Pia Tape

Pia tape Jember
Source : deskgram.net

Jember memang surganya bagi orang-orang yang gemar mengkonsumsi tape. Selain suwar suwir dan Prol tape, pia tape juga merupakan kue yang diolah dari bahan dasar tape singkong. Berbagai rasa bisa kamu nikmati seperti strawberry, blueberry, cokelat, pisang, dan sebagainya.

Kelezatannya tak perlu ditanyakan lagi. Dengan tekstur dalamnya yang lembut membuat siapapun yang memakannya menjadi ketagihan. Pia tape sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena tahan lama alias tidak cepat basi.

4. Pecel Garahan

Pecel Garahan khas Jember
Sumber : Instagram @kuliner_jember_banyuwangi

Para pecinta makanan pedas wajib coba makanan yang satu ini. Di samping rasanya yang pedas, ternyata pecel ini juga sedikit memiliki rasa manis sehingga menambah kelezatan dan cita rasanya. Pecel Garahan bisa kamu temukan di daerah perbatasan Jember-Banyuwangi, tepatnya di sepanjang Gumitir.

Pecel tersebut dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dibuat dari bumbu pecel yang diulek secara kasar. Pecel satu ini terasa lengkap dengan ditambahkan beraneka macam sayuran seperti tauge, gundo, dan kacang panjang.

5. Brownies Tape

Brownies Tape, Jajanan khas Jember
Image source : IG @primadona2jember

Brownies Tape juga menjadi jajanan khas kota Jember yang wajib untuk kamu cicipi. Di toko oleh-oleh, makanan ini begitu mudah untuk ditemukan. Brownies yang satu ini memiliki tekstur yang legit dan lembut.

Kamu bisa menikmati berbagai rasa brownies tape, antara lain brownies tape coklat kacang brownies tape keju,  dan brownies tape asli. Sungguh lezat rasanya.

Bacaan lainnya : manfaat minum kopi hitam


Penasaran bukan bagaimana rasa dari makanan-makanan tersebut? Maka dari itu, yuk langsung datang ke Jember dan nikmati kelezatan rasa yang tiada duanya. Untuk tape, kamu bisa membawanya pulang untuk dijadikan oleh-oleh keluarga tercinta di rumah.

Selamat menikmati ya!

October 01, 2018 - 2 komentar

2 komentar untuk Inilah 5 Makanan Khas Jember yang Wajib Kamu Cicipi.

.

wah. dapat info menarik nih.. waktu ke Jember dulu cuma pergi motret ke Papuma, tidak sempat cicipi makanan khas nya. next time deh. :)

Balas Hapus