Inilah 10 Kuliner Khas Palembang yang Menggugah Selera

Ada banyak berbagai kuliner khas Palembang yang bisa anda cicipi bila berkunjung ke ibukota Sumatera Selatan tersebut. Palembang dikenal sebagai daerah yang memiliki berbagai hidangan kuliner yang tentunya lezat saat dikonsumsi.

Di sepanjang area jembatan ampera hingga ke Masjid Agung anda dapat menemukan berbagai orang yang menjual makanan khas kota yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 lalu. Soal harga bervariasi, ada yang murah dan ada yang cukup mahal. Namun tentu saja harganya masih mampu menyesuaikan keadaan kantong anda.

Kuliner khas kota Palembang mayoritas didominasi oleh olahan berbahan dasar daging dan ikan. Selain itu ada juga bisa menemukan aneka kue di kota tersebut. Berikut ini kesepuluh kuliner yang menjadi makanan khas kota Palembang :


Kuliner Khas Kota Palembang

  • Pempek

Pempek Palembang

Berbicara soal Palembang, tentu tidak bisa dipisahkan dengan pempek. Memang pempek merupakan makanan khas daerah tersebut. Terbuat dari tepung sagu dan juga ikan, kuliner ini dapat anda nikmati bersama kuah cuka dengan rasa pedas yang menantang. Dengan kelezatannya tersebut harga pempek terbilang cukup murah hanya sekitar 1000 - 2000 per buah saja.

  • Tekwan

Tekwan
Gambar via instagram @pempekceknila

Tekwan menjadi makanan khas Palembang berikutnya yang wajib anda cicipi. Tekwan terbuat dari campuran daging ikan dan juga tapioka. Bahan-bahan tersebut dibentuk menjadi bulatan kecil-kecil dan disajikan di dalam kuah udang dengan rasanya yang khas. Tak cukup itu saja, pada makanan tersebut biasanya juga ditambahkan daun bawang dan mie putih. Terkadang orang-orang menyebutnya sebagai bakso khas Palembang.

  • Martabak HAR

Martabak HAR

Di daerah lain terdapat martabak, begitupun di Palembang juga terdapat martabak, namanya martabak HAR. Secara bentuk sejatinya tidak terlalu berbeda jauh dengan yang lainnya. Namun, martabak yang satu ini dikonsumsi bersama dengan kuah kental yang nikmat dan menggoyang lidah anda. Martabak ini awal mulanya diciptakan oleh Haji Abdul Rozak sehingga disingkat menjadi HAR. Jadi, anda sangat rugi jika tidak mengkonsumsi kuliner yang satu ini saat berkunjung ke Palembang.

  • Mie Celor

Mie Celor

Mie Celor merupakan mie yang diolah dengan cara dicelupkan ke dalam kuali yang berisi air panas. Mie yang satu ini dihidangkan dalam campuran kuah santan dan juga kaldu ebi. Tak ketinggalan, tauge dan potongan telur juga ditambahkan sehingga menambah rasa lezat dari kuliner yang satu ini. Salah satu tempat yang bisa anda kunjungi untuk bisa menikmati mie tersebut yaitu Mie Celor 26 ilir Haji Syafe’i yang berlokasi di Merdeka No.54, Talang Semut, Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

  • Pindang Ikan Patin

Pindang patin Palembang

Kuliner khas kota Palembang selanjutnya yaitu pindang ikan patin yang sangat cocok dijadikan sebagai lauk makan anda. Ikan patin tersebut dimakan bersama dengan kuah santan dengan perpaduan rasa manis, asam, dan juga pedas menjadikan siapapun ketagihan saat memakannya. Di setiap warung makan di kota Palembang pasti makanan tersebut menjadi salah satu hidangan yang disediakan dan menjadi favorit pengunjungnya.

  • Model

Model Palembang
Sumber gambar : lifestyle.okezone.com

Jangan salah mengartikan, model yang dimaksud disini bukanlah model artis yang banyak terdapat di majalah-majalah dewasa. Melainkan yakni makanan khas Palembang yang diolah dengan bahan dasar ikan tenggiri, ya kurang lebih hampir sama seperti tekwan. Biasanya, model Palembang disajikan bersama dengan mie sohun dan juga potongan ketimun. Bila anda pergi ke warung yang menjual tekwan, maka hampir dipastikan biasanya ia juga menjual model.

Kuliner lainnya : makanan khas Jember

  • Kue Maksuba

Kue maksuba
Gambar diambil dari instagram @inachen08

Di Palembang, kamu dapat menikmati aneka kue dengan cita rasa yang lezat, salah satunya yakni adalah kue maksuba. Kue satu ini biasanya disajikan hanya pada hari-hari besar seperti Idul Fitri ataupun hari bahagia seperti pernikahan. Kue maksuba memiliki tekstur yang mirip seperti kue lapis namun rasanya lebih lembut ketika digigit. Sangking enaknya kue yang satu ini, banyak yang menganggap untuk membuatnya diperlukan keahlian khusus dan perlu dilatih dengan baik.

  • Kue Gandus

Kue gandus
Sumber gambar : dapur.website

Kue khas kota pempek selanjutnya yaitu kue gandus. Kue ini dibuat menggunakan bahan dasar tepung beras, santan, dan juga pandan. Dibagian atas diberi topping berupa udang ebi, seledri, cabai merah, serta bawang goreng. Dengan teksturnya yang lembut dan khas membuat panganan ini begitu lezat dan nikmat saat dikonsumsi. Anda bisa menemukan kue tersebut di warung-warung yang menjual kue-kue khas Palembang.

  • Kue Delapan Jam

Image source : cantik.tempo.co

Sesuai dengan namanya, untuk membuat kue lezat yang satu ini dibutuhkan waktu selama 8 jam. Konon katanya, dahulu kue ini hanya boleh dinikmati oleh para bangsawan dan orang-orang kaya. Tetapi itu dulu, berbeda dengan saat ini dimana siapapun boleh untuk mengkonsumsi. Dengan rasanya yang legit, dijamin anda merasa puas dan ketagihan bila mengkonsumsinya.

Baca juga : manfaat buah nanas

  • Burgo

Burgo
Sumber foto : viva.co.id

Burgo merupakan kuliner khas Palembang yang terbuat dari bahan utama tepung beras yang disajikan dengan kuah kental gurih. Agar semakin gurih dan memiliki rasa yang mantap, daging ikan yang disuwir dijadikan pelengkap pada makanan tersebut. Sangat cocok menjadi teman sarapan apalagi ditemani sambal yang pedas tentu semakin menambah cita rasa lezat dari burgo itu sendiri.


Selain itu, masih ada kuliner lain yang dapat kamu temukan di kota tersebut. Beberapa diantaranya yaitu lakso, tempoyak, es kacang merah, kue lumpang, dan sebagainya. Namun pastinya makanan-makanan tersebut memiliki rasa yang enak saat dimakan.

Jadi, bagi anda yang berlibur di Palembang jangan lupa membeli dan menikmati hidangan-hidangan tersebut ya!

October 07, 2018 - 2 komentar

2 komentar untuk Inilah 10 Kuliner Khas Palembang yang Menggugah Selera.

.

wah mas... pempek tuh khas banget ya... aku jadi pengin nyobain juga nih... Salam kenal dari #jejakbiru

Balas Hapus