13 Manfaat Minum Kopi Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat minum kopi hitam bagi kesehatan

Manfaat minum kopi hitam sering kali tidak disadari oleh banyak orang. Kopi merupakan olahan minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi telah dibudidayakan di lebih dari 50 negara di dunia ini.

Sejarah penemuan kopi berawal dari 3000 tahun yang lalu. Ketika itu, minuman kopi hitam pertama kali ditemukan oleh bangsa Ethiopia.  Sementara itu, di Indonesia kopi dapat memproduksi hingga 4000 ton per tahunnya.

Kopi hitam juga menjadi salah satu minuman favorit yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia,  mulai dari kaula muda hingga orang dewasa. Semakin populernya kopi di Indonesia juga didukung dengan semakin menjamurnya warkop dan cafe yang ada di perkotaan.

Banyak yang beranggapan kopi adalah minuman yang kurang menyehatkan bahkan dianggap sangat membahayakan. Padahal, faktanya tidak seperti itu. Jika seseorang mengkonsumsi dalam batas wajar (maksimal 2-3 gelas per hari) maka hal itu tidak menjadi masalah.


Manfaat Minum Kopi Hitam

Berikut ini beberapa manfaat minum kopi hitam yang harus anda ketahui

1. Meningkatkan Stamina atau Energi

Stamina anda semakin meningkat jika mengkonsumsi minuman yang satu ini. Penyebabnya yaitu adanya kafein yang dapat mempengaruhi fungsi dan kerja otak, serta menghasilkan efek "rangsangan". Rangsangan itu yang dapat meningkatkan level energi pada tubuh manusia.

2. Mengatasi Stres

Kehidupan manusia tentu saja tak pernah lepas dengan masalah. Hal itulah yang terkadang membuat seseorang menjadi stres dan tidak bersemangat. Anda tidak boleh seperti itu dan teruslah bangkit. Untuk mengatasinya, cukup minum segelas kopi hitam di pagi hari, maka anda merasa sedikit lebih tenang dari sebelumnya.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Asal tidak terlalu menambahkan banyak gula pada kopi maka manfaat mengontrol kadar gula darah bisa anda dapatkan. Kopi membuat metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga insulin dapat diproduksi sesuai dengan kebutuhan tubuh.

4. Mengurangi Resiko Kolesterol Tinggi

Kopi hitam juga bermanfaat dalam mengurangi resiko kolesterol tinggi. Penyebabnya yaitu adanya kandungan magnesium dan kromium di dalam kopi tersebut. Kedua kandungan tersebut dapat menghilangkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

5. Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan kelainan metabolik yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa darah dalam konteks resistensi insulin dan defisiensi insulin relatif. Kelainan sudah banyak menyerang orang-orang di seluruh dunia dan semakin meningkat setiap tahunnya. Menurut sebuah penelitian, kopi mampu menurunkan resiko terserang diabetes hingga 67%

Baca juga : manfaat buah nanas

6. Mencegah Penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit progresif yang dapat menghancurkan memori dan fungsi mental penting lainnya. Penyakit ini biasanya muncul saat usia sudah memasuki 50 tahun. Untuk mencegahnya, disarankan untuk meminum kopi dalam keseharian anda.

7. Mencegah Kanker Kulit

Kanker kulit merupakan penyakit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terus menerus menyengat kulit tubuh secara berlebihan. Selain melakukan perlindungan dengan menggunakan pelindung kulit, minuman kopi juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker kulit lo.

8. Baik Untuk Kesehatan Hati

Manfaat minum kopi hitam selanjutnya yaitu mencegah dari berbagai penyakit hati seperti hepatitis, sirosis, liver, dan gangguan lainnya yang berhubungan dengan organ hati. Kopi juga dapat menurunkan kadar enzim hati yang berbahaya di dalam tubuh. Suatu penelitian membuktikan jika seseorang yang gemar meminum kopi  dapat mengurangi resiko terkena penyakit hati apapun hingga 80%.

9. Membersihkan Racun di Dalam Perut

Seseorang yang sering meminum kopi biasanya memiliki kebiasaan sering buang air kecil. Di saat buang air tersebut, racun-racun dikeluarkan dari dalam bentuk urine. Dengan catatan, kopi yang dikonsumsi tidak ditambahkan pemanis seperti gula.

10. Meningkatkan Daya Ingat

Kopi juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat seseorang. Ada suatu penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat yang menganalisis 160 peserta yang berusia antara 18-30 tahun untuk mempelajari pengaruh kafein terhadap daya ingat. Hasilnya, seseorang yang mengkonsumsi kafein lebih banyak lebih memiliki daya ingat lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang sedikit mengkonsumsi kafein.

11. Mencegah Penyakit Jantung

Asal dikonsumsi tidak secara berlebihan, kopi dapat mencegah manusia dari serangan penyakit jantung yang berbahaya. Hal ini didukung dengan adanya penelitian yang dilakukan di Baker Heart and Diabetes Institute di Melbourne, Australia yang membuktikan bahwa kafein mampu membantu melindungi kita dari masalah penyakit jantung yang mematikan.

12. Dapat Membakar Lemak

Kandungan kafein pada kopi juga berkhasiat untuk membakar lemak di dalam tubuh kita. Syaratnya, kopi yang diminum tidak ditambahkan gula ataupun pemanis lainnya. Selain itu, cukup mengkonsumsi 2-3 gelas ukuran 240 ml saja jika ingin benar-benar merasakan manfaat minum kopi yang satu ini. Tentu saja hal tersebut sangat baik bagi anda yang sedang menjalani program diet.

13. Mengurangi Resiko Terkena Parkinson

Penurunan fungsi dan kerja sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Bahkan hingga saat ini, penyakit parkinson belum ditemukan obatnya. Namun, gangguan ini masih bisa dicegah dengan meminum kopi. Penelitian membuktikan, peminum kopi mempunyai resiko terserang penyakit parkinson lebih rendah sekitar 32–60%.


Kesimpulan

Asal anda minum tidak berlebihan, maka kopi hitam bisa dirasakan manfaatnya yang luar biasa. Berbagai penyakit terutama kanker bisa dicegah dengan meminum minuman yang satu ini. Luar biasa bukan? Jadi jangan ragu ya untuk minum kopi.

Artikel mengenai 13 manfaat minum kopi hitam diatas diambil dan diolah dari berbagai sumber.

September 28, 2018 - 2 komentar

2 komentar untuk 13 Manfaat Minum Kopi Hitam bagi Kesehatan Tubuh.

.

wah gitu ya, kalau aku mah suka kena mag kalau minum kopi

Balas Hapus
.

Kopi banyak bgt manfaatnya ya cuma sekarang banyak banget minuman kopi yang dicampur gula, susu, creamer, syrup yang justru ada sifat yqng tidak bagus buat tubuh. Tapi kalo gak ngopi justru makin stres ya maklum pecinta kopi jg

Balas Hapus