Cara Sederhana Membuat Baterai Smartphone Tetap Awet

Cara membuat baterai smartphone tetap awet

Setiap orang tentu saja menginginkan smartphone dengan daya baterai hemat dan tidak cepat habis. Baterai smartphone yang tahan lama menunjukkan betapa berkualitasnya ponsel tersebut.

Berbeda dengan ponsel tipe biasa, smartphone tentu saja membutuhkan perawatan baterai yang sedikit lebih khusus. Tanpa adanya perawatan, bukan tidak mungkin jika smartphone anda mudah mengalami kerusakan hingga tak bisa digunakan lagi.

Berawal dari hal-hal sederhana, baterai yang tertanam pada smartphone yang kita miliki bisa menjadi awet dan tahan lama. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan :


Cara Membuat Baterai Tetap Awet


  • Gunakan Smartphone Sewajarnya


Semakin sering sebuah smartphone anda pakai, maka semakin cepat habis baterainya. Keadaan tersebut disebabkan karena meningkatnya suhu dari baterai akibat sering digunakan. Hal tersebut tentu saja dapat menurunkan kualitasnya

Karena hal itulah, gunakan smartphone sewajarnya, jika tidak diperlukan lebih baik tidak digunakan. Taruh saja ponsel tersebut dan gunakan kembali saat nanti sudah membutuhkannya.


  • Stop Kebiasaan Menggunakan Ponsel Saat Mengisi Daya


Hal ini merupakan kebiasaan yang sepertinya sulit untuk ditinggalkan. Padahal menggunakan smartphone dikala baterai sedang diisi daya bisa membuat penurunan kinerja baterai itu sendiri.

Untuk itu, jangan gunakan ponsel anda, baik itu untuk menelepon, SMS, browsing, ataupun hal lainnya. Lebih baik matikan sejenak ponsel tersebut hingga baterai benar-benar penuh.


  • Jangan Mencharger Ponsel Semalam


Mungkin anda berpikir, mengisi daya smartphone semalaman membuat kualitas baterai semakin baik karena baterai bisa terisi full 100%. Padahal hal tersebut tidaklah benar.

Memang mayoritas smartphone masa kini dibekali fitur auto cut off dimana pengisian daya otomatis terputus ketika baterai sudah terisi penuh. Tetapi, melakukan hal tersebut membuat smartphone menjadi overheat sehingga menurunkan kualitas baterainya.

Baca juga : manfaat menggunakan smartphone


  • Jangan Atur Cahaya Layar Secerah Mungkin


Memang, mengatur cahaya layar dengan kondisi cerah sangat menguntungkan karena anda dapat melihat gambar dan tulisan menjadi lebih jelas. Tetapi disisi lain hal tersebut berdampak negatif dari sisi baterai.

Cahaya yang terlalu terang membuat daya cepat terkuras habis. Hal tersebut lama kelamaan juga bisa menurunkan performa baterai itu sendiri. Solusinya, anda bisa mengatur cahaya tidak terlalu terang tetapi masih bisa terlihat oleh mata.


  • Jangan Gunakan Mode Getar


Mode getar juga menjadi biang masalah mengapa baterai smartphone anda cepat sekali habis karena harus bekerja dengan lebih ekstra. Cara terbaik adalah mengubahnya ke mode silent.

Namun kerugian menggunakan cara tersebut adalah anda mungkin saja tidak bisa mengetahui panggilan masuk, kecuali anda sedang memegang HP tersebut. Alternatif lain, mode suara bisa jadi pilihan yang tepat.


  • Matikan WiFi , Data Seluler atau GPS Jika Tidak Digunakan


Saat tidak diperlukan, sebaiknya matikan saja wifi, data seluler, ataupun GPS pada smartphone anda. Pasalnya ketiganya membuat smartphone bekerja secara terus menerus.

Hal itulah yang membuat baterai cepat habis. Aktifkan ketiga fitur tersebut jika memang sedang dibutuhkan.

  • Pastikan Temperatur Baterai Tetap Normal

Idealnya, suhu terbaik yang harus ada pada  baterai smartphone yaitu 18-35°C. Jika melebihi itu, bisa berdampak pada rusaknya komponen pada perangkat.

Untuk itulah, sebaiknya anda tidak meletakkan smartphone di tempat yang panas seperti diatas kulkas atau televisi. Taruh saja diatas meja agar temperaturnya menjadi lebih stabil sehingga tidak cepat merusak baterai.

Penutup

Coba lakukan beberapa hal sederhana tersebut terlebih dahulu guna membuat baterai smartphone anda menjadi tahan lama. Setelah itu barulah melakukan hal lainnya sebagai langkah pendukung, seperti memasang aplikasi baterai saver.

Dan yang tidak kalah penting, gunakan charger asli bukan bajakan agar kualitas pengisian baterai menjadi lebih baik. Secanggih apapun smartphone anda tak menjamin bahwa baterainya benar-benar bisa awet, apalagi jika anda tidak merawatnya. Cukup lakukan beberapa cara sederhana diatas untuk membuat baterai smartphone menjadi lebih awet, semoga bermanfaat.

September 25, 2018 - 1 komentar

1 komentar untuk Cara Sederhana Membuat Baterai Smartphone Tetap Awet.

.

Saya terapkan dahulu yah pak, makasih sharing by caring nya :D

Balas Hapus