7 Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas bagi Kesehatan Tubuh


Bahaya mengkonsumsi makanan pedas sangat mungkin ada bagi siapa saja yang gemar mengkonsumsinya. Makanan pedas memang selalu jadi incaran dan menjadi menu favorit bagi sebagian orang Indonesia. Tanpa sambel, semua akan terasa hambar tak berasa.

Itulah gambaran sederhananya kira-kira. Sambel memang disisi lain memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun disisi lain bisa menjadi sesuatu yang berbahaya bagi tubuh anda jika terlalu sering mengkonsumsinya. Apa saja bahaya tersebut.


Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas

1. Diare

Jika anda terlalu sering mengkonsumsi makanan yang pedas, bagian perut akan terasa panas dan juga mulas. Anda merasa sakit perut lalu ingin buang air besar dan akhirnya anda pun mengalami diare. Apa sebabnya? Hal ini disebabkan karena makanan pedas bisa mempercepat gerakan di dalam usus sehingga mempermudah diare. Bagian usus pun akan teriritasi jika anda terlampau sering makan sesuatu yang pedas.

2. Naiknya Asam Lambung

Makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung terutama bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag. Dengan konsumsi cabai yang terlalu banyak membuat lambung mengalami iritasi sehingga dapat naik lebih cepat, dan yang terjadi  perut anda terasa perih dan juga mulas.

3. Insomnia atau Susah Tidur

Makanan pedas dapat menyebabkan seseorang menjadi susah tidur. Bagaimana bisa? Hal ini telah dibuktikan dalam studi yang telah dipublikasikan pada The Internasional Journal of Psychology yang menyebutkan jika makanan pedas dapat melukai perut serta mengaktifkan hormon kimia yang membuat seseorang terjaga di malam hari.  Selain itu makanan pedas membuat suhu tubuh menjadi meningkat dan berkeringat sehingga menyebabkan susah untuk tidur.

4. Mengurangi Sensitivitas Lidah Terhadap Rasa

Lidah merupakan bagian mulut yang berguna merasakan rasa makanan baik manis, masam, asin, ataupun pahit. Jika anda terlalu sering makan makanan yang pedas maka tingkat sensitivitas lidah anda menjadi berkurang dan lambat laun akan menghilang. Jika sudah begini, lidah sudah tidak berfungsi optimal dalam merasakan sesuatu.

Baca juga : manfaat buah nanas


5. Gastritis

Gastritis merupakan maag akut yang merupakan tingkat parah bagi penderita penyakit lambung. Hal ini disebabkan terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan pedas hingga membuat lambung menjadi rapuh dan mudah terluka. Lambung pun mengalami peradangan sehingga memicu terjadinya gastritis yang ditandai dengan perut kembung, mual, muntah, dan juga diare.

6. Refluks Asam

Makanan pedas juga dapat memicu refluks asam dimana terjadi aliran balik dari lambung ke kerongkongan yang menyebabkan rasa panas dan terbakar di bagian saluran kerongkongan. Refluks asam memicu terjadinya sindrom Gastroesophageal Reflux Disease, esofagitis, dan juga atypical syndrom.

7. Badan Menjadi Kurus

Makanan pedas yang dikonsumsi terlalu sering menyebabkan nafsu makan menjadi berkurang sehingga badan pun menjadi kurus. Kurangi kebiasaan tersebut dan beralihlah ke makanan yang lebih menyehatkan.


Penutup

Mengkonsumsi makanan pedas itu sah-sah saja asal tidak dalam kadar yang berlebihan. Selalu konsumsi segala sesuatu dalam jumlah yang cukup untuk membuat tubuh anda terpenuhi zat-zat gizi seimbang. Itulah ketujuh bahaya mengkonsumsi makanan pedas, semoga bermanfaat.

September 18, 2018 - 2 komentar

2 komentar untuk 7 Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas bagi Kesehatan Tubuh.

.

Kalau sudah terlanjur, bagaimana cara mengatasinya, mas?

Balas Hapus
.

Bawa ke dokter guna mendapatkan pertolongan

Balas Hapus